Minggu, 26 April 2020

5 Merk Velg Mobil Berkualitas

Velg mobil merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan kualitasnya. Terlebih ketika kita hendak mengganti velg mobil dengan produk aftermarket yang tentunya berbeda baik dari sisi desain maupun kualitasnya dari velg yang sudah disediakan oleh pihak pabrikan.

Selain desain yang cocok dan trendy, kualitas velg mobil yang akan digunakan juga perlu diperhatikan, bahkan harus menjadi prioritas utama dalam memilih velg mobil aftermarket. Hal ini erat kaitannya dengan keamanan dan tingkat pengendalian ban mobil yang sangat berpengaruh selama berkendara.

Velg mobil merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan kualitasnya 5 Merk Velg Mobil Berkualitas

Ya, kualitas velg dan tingkat keamanan dalam memilih velg mobil aftermarket sangat penting untuk menjadi tolok ukur pemilihan velg modifikasi yang banyak bertebaran di pasar.

Karena saat ini, cukup banyak velg-velg mobil yang sifatnya hanya replika saja. Tentu saja hal ini berpengaruh terhadap kualitas dan ketahanan produknya belum kita ketahui sudah teruji apa belum.

Jangan sampai, cuma karena ingin mobil terlihat lebih gaya dan keren, akhirnya mobil anda harus mengalami kerusakan yang lebih parah akibat velg pecah, rusak, atau penyok saat digunakan.

Meskipun bukan suatu patokan wajib, untuk mengukur kualitas dan tingkat keamanan sebuah velg mobil yang paling mudah adalah dengan melihat merk nya. Ya, merk merupakan brand dan ciri pertama yang cukup menentukan kualitas suatu produk. Lantas, apa saja merk velg mobil berkualitas ? Berikut ulasannya.


1. Enkei


Velg mobil merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan kualitasnya 5 Merk Velg Mobil Berkualitas

Velg mobil berkualitas yang pertama adalah velg mobil merk Enkei. Velg merk Enkei ini sudah cukup terkenal dikalang modifikator. Enkei sendiri merupakan perusahaan negeri sakura Jepang yang berdiri tahun 1950 dan memiliki teknologi yang dapat menghasilkan velg dengan bobot yang ringan namun kuat dan tangguh.

Teknologi tersebut dikenal dengan nama The Most Advanced Technology (MAT) yang semakin dikembangkan dan kini menghasilkan teknologi MAT Dura Flow sehingga dapat menciptakan Velg dengan bobot yang lebih ringan lagi namun tetap kuat dan tangguh .

Bahkan pada perkembangan selanjutnya, Enkei meluncurkan velg yang memiliki standar kekuatan sesuai dengan velg-velg yang digunakan untuk balap Formula 1 (F1) berlabel F1 grade.

Berdasarkan beberapa informasi, velg enkei terbagi menjadi 3 yaitu Enkei Japan untuk velg yang diproduksi langsung dari Jepang (www.enkei.co.jp). Enkei Thailand diproduksi di Thailand khusus bagian Performance wheels (www.enkei.com). Dan terakhir adalah Enkei Tuning yang umumnya menggunakan kode SCxx pada velgnya.

Velg Enkei sendiri terbagi menjadi beberapa seri yaitu seri Motorsport, seri WPS Forged, seri Racing Revolution, seri Racing, seri Performance Line, seri All Road dan All series. Masing-masing seri disediakan untuk beragam kebutuhan dan jenis mobil.


2. Ray's Engineering Wheels


Velg mobil merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan kualitasnya 5 Merk Velg Mobil Berkualitas

Merk velg mobil berkualitas selanjutnya adalah velg mobil buatan Ray's Engineering. Ray's engineering ini merupakan bagian dari perusahaan Rays co ltd yang khusus memproduksi velg-velg high-end untuk mobil-mobil bertipe motorsport dan racing.

Dari Ray's engineering ini terdapat dua merk velg yang sudah sangat terkenal di kalangan modifikator yaitu velg merk Volk Racing dan Gram Lights. Ya, kedua merk velg ini sangat digemari oleh para pecinta modifikasi mobil sport karena kekuatan dan bobotnya yang ringan.

Selain merk Volk Racing dan Gram Lights, terdapat beberapa merk velg lainnya yang berada dibawah naungan Rays Engineering ini yaitu Eco Drive Gear, 57Motorsport, Versus, Hfullcross, Homura, Black fleet, Team Daytona, dan KC decor.

Baca juga :



3. O.Z


Velg mobil merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan kualitasnya 5 Merk Velg Mobil Berkualitas

Merk velg mobil berkualitas selanjutnya yang juga sudah memiliki nama dan cukup terkenal adalah velg merk OZ. Velg OZ (khususnya OZ Racing) cukup terkenal karena keterlibatannya pada even-even balap internasional seperti pada balap Formula 1 (F1), balap World Rally Championships (WRC) serta beberapa even balap ketahanan sepeti le mans dan indy 500.

Even balap tersebut telah membuktikan bahwa velg OZ memiliki ketahahan dan ketangguhan yang luar biasa yang diuji langsung pada medan-medan ekstrem dengan durasi waktu dan medan yang sulit.


4. BBS


Velg mobil merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan kualitasnya 5 Merk Velg Mobil Berkualitas

BBS menjadi merk velg mobil berkualitas selanjutnya yang akan kita bahas kali ini. Velg BBS
ini sudah lama dikenal dan telah lama bekerja sama dengan produsen mobil-mobil terkenal seperti BMW, Mercedes, Porsche, dan Volkswagen. Bahkan, sebagian besar velg OEM standar pada mobil performa Jerman dibuat oleh BBS untuk pihak pabrikan.

Salah satu hal yang membuat velg BBS ini hebat adalah kemampuan mereka untuk menciptakan velg yang sangat ringan, sangat keras dan memiliki performa luar biasa tinggi dan kuat.

Hal ini disebabkan oleh pembuatannya yang menggunakan metode casting “counterpressure” khusus, yaitu sebuah proses pembuatan yang menggabungkan banyak keuntungan dari cast dan alloy pressure-forged.


5. Konig


Velg mobil merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan kualitasnya 5 Merk Velg Mobil Berkualitas

Merk velg mobil berkualitas selanjutnya adalah Konig. Velg merk Konig ini diproduksi oleh Konig American yang merupakan anak perusahaan dari YHI International yang juga sebagai produsen Konig, Mamba Off-road, Privat, Bravado Performance, dan Maxxim Wheel Lines serta merek private label lainnya.

Velg Konig adalah velg buatan Amerika yang sudah sangat terkenal ketahanannya. Oleh karenanya Velg merk Konig ini banyak juga digunakan pada even-even balap internasional.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Info-Otomotif